Tiga Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

Cengkeh biasanya digunakan sebagai bumbu rendaman untuk panggangan, menambah rasa pada minuman hangat, hingga untuk memperkuat aroma kue. Karena cita rasa dan aromanya yang khas.  Namun ternyata, kandungan gizi dalam cengkeh juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat cengkeh yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh kita?

  1. Melindungi dari kanker

Cengkeh diperkaya oleh antioksidan seperti eugenol dan vitamin C. Eugenol berfungsi untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa memicu perkembangan kanker. Sedangkan vitamin C sebagai antioksidan untuk membantu menetralisir radikal bebas. Kekuatan antioksidan dalam cengkeh bahkan dilaporkan lima kali lebih efektif daripada vitamin E dan jenis antioksidan lainnya. Penumpukan radikal bebas dalam tubuh dapat merugikan tubuh yaitu  merusak kode DNA dan menyebabkan stres oksidatif sehingga memicu berbagai penyakit kronis. Mulai dari radang sendi, penyakit jantung, aterosklerosis, stroke, hipertensi, tukak lambung, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, kanker, sampai menyebabkan penuaan.

  1. Meningkatkan kesehatan hati

Tak hanya melindungi tubuh dari kanker, eugenol dalam cengkeh juga dapat membantu meningkatkan kesehatan hati. Sebuah penelitian hewan yang dilakukan pada tikus melaporkan bahwa minyak cengkeh dapat meningkatkan fungsi hati dan mengurangi peradangan. Penelitian lain menunjukkan bahwa eugenol membantu meredakan gejala sirosis hati. Mengonsumsi suplemen eugenol selama satu minggu dapat menurunkan kadar GST, enzim yang sering menjadi tanda penyakit hati. Namun demikian, eugenol dapat berbalik menjadi racun bagi hati jika dikonsumsi dalam dosis tinggi. Terdapat satu studi kasus menunjukkan bahwa 5-10 ml minyak cengkeh pada anak-anak dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius.

  1. Mengendalikan kadar gula darah

Penelitian menunjukkan hasil bahwa senyawa yang ditemukan dalam cengkeh dapat membantu mengendalikan gula darah. Penelitian lain mengamati efek ekstrak cengkeh dan nigericin, senyawa yang ditemukan di cengkeh, baik pada sel otot manusia maupun pada tikus dengan diabetes dan dihasilkan sebuah penemuan bahwa cengkeh dan nigericin ditemukan untuk meningkatkan penyerapan gula dari darah ke sel, meningkatkan sekresi insulin dan meningkatkan fungsi sel-sel yang menghasilkan insulin. Insulin merupakan hormon yang bertanggungjawab untuk memindahkan gula dari darah ke sel. Dengan kombinasi diet seimbang, manfaat cengkeh bisa membantu menjaga kadar gula darah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *