Street Food yang Wajib Kamu Coba di Jogja

  1. Lesehan Terang Bulan

Dengan sepanjang jalanan Jogja, Anda melihat banyak penjual makanan jalanan. Jangan sampai Anda tidak berhenti di Lesehan Terang Bulan. Namun, jangan salah paham dengan nama lesehan ini ya, mungkin anda membayangkan lesehan ini menjual martabak manis tetapi Lesehan Terang Bulan terbuka di malam hari dengan cahaya bulan dan cahaya lampu remang-remang. Di Lesehan Terang Bulan ada berbagai menu memasak yang bisa Anda pilih. Mulai dari Nasi Gudeg, nasi goreng dengan lele goreng, nasi putih dengan bebek goreng, nasi putih dengan burung dara goreng dan nasi goreng dengan lalapan mentimun.

  1. Bakmi Jawa Pak Lele

Saat Anda melakukan perjalanan menyusuri Jogja Anda harus mengisi perut Anda supaya tidak keroncongan. Makanan jajanan di Yogyakarta tidak lengkap tanpa Bakmi Jawa Pak Pele. Terletak di Pojok Tenggara Alun-alun Utara, Panembahan, Kraton, Yogyakarta. Malam-malam di Yogyakarta ini memang penting dan sedang menikmati menu yang disajikan dalam mie Pak Pele Jawa. Seperti kesukaan orang Jakarta akan nasi goreng dengan lalapan tomat, bakmie goring campur, bakmie campur atau bakmie godog campur, hingga bakmie kuah bebeg. Tentunya, makanan-makanan tersebut sudah pasti menggoyang lidah Anda. Bahkan membuat Anda rindu untuk bepergian kembali ke Yogyakarta.

  1. Jajan Pasar Mbah Satinem

Jajan pasar mbah Satinem ini sudah terkenal loh. Saking terkenalnya, Jajan Pasar Mbah Satinem ini diliput oleh Netflix dalam serial berepisode “Streetfood”. Jajan pasar Mbah Satinem ini memang ramai dikunjungi oleh masyarakat Jogja maupun para wisatawan sejak lama.  Jajanan yang dijajahkan oleh Mbah Satinem ini antara lain lupis, cenil, gatot, tiwul dan sejenisnya dengan racikan tradisionalnya. Mbah Satinem mulai menjajahkan dagangannya pada pagi hari jam 6.00 hingga dagangannya habis. Biasanya dagangannya ludes sekitar jam 7.30 atau jam 8.00. Mbah Satinem ini sudah berjualan sejak tahun 1963. Harga jajanannya juga terhitung tidak mahal. Per porsinya hanya Rp 5000 saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *