Saran merupakan bagian yang sangat penting dalam proses pembuatan sebuah karya tulis, seperti makalah, karya ilmiah, skripsi atau laporan penelitian lainnya yang sangat membutuhkan penutup. Pemberian saran ini dimaksudkan agar pembaca dapat menganalisis kelemahan-kelemahan yang terdapat dalam pembuatan dokumen. Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini kita akan memberikan beberapa contoh saran dalam makalah tersebut.

Saran adalah solusi yang dibuat dengan maksud untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi seseorang. Selain itu, saran biasanya harus konstruktif, mendidik, memotivasi, dan objektif sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Bagian ini biasanya terdapat di akhir paragraf didahului dengan serangkaian kesimpulan dari awal hingga akhir. Secara tertulis, tidak ada aturan atau pedoman khusus yang berlaku.

Elemen saran makalah

Untuk memberikan sugesti yang baik dan benar harus ada unsur yang perlu kita perhatikan terlebih dahulu yaitu:

1. Minimalkan jumlah kata

Dalam proses pembuatan artikel tentunya dalam membuat rekomendasi harus dibatasi pada jumlah minimal karakter yang dapat digunakan. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar ada kesamaan dengan kesimpulan yang disajikan. Batas kata yang diberikan untuk memberi saran yang baik dan benar lebih dari 200 kata.

2. Berikan kata-kata harapan

Saran tertulis hendaknya berisi dan memberi harapan kepada pembaca, terutama menggunakan kata-kata yang menarik seperti kata “oleh karena itu”, “oleh karena itu”, atau penggunaan kata “penulis berharap…”, dan sebagainya.

3. Berikan saran

Langkah memberikan saran yang baik adalah memberikan saran berupa penelitian lanjutan tentang metode yang digunakan. Dalam diskusi ini banyak yang mengatakan bahwa penulisan proposal tidak boleh dimasukkan ke dalam abstrak penulis.

Contoh saran di makalah

1. Kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas, saya dapat menyimpulkan bahwa dokumen berjudul “Kegiatan wartawan yang akhirnya menggunakan bahasa baku” adalah pembawa acara wartawan yang bisa menggunakan bahasa standar poliglot, misalnya memadukan bahasa asing dan bahasa Melayu.

Penggunaan kombinasi bahasa ini kemudian diterapkan dalam kegiatan jurnalistik berdasarkan penggunaannya. Selain itu, ada juga penggabungan dengan bahasa asing bahasa Indonesia atau bahasa melayu dalam dunia jurnalistik.

2. Saran

Penulis menyadari bahwa kartu tersebut mengandung banyak kesalahan dan jauh dari sempurna. Penulis artikel akan menyempurnakan artikelnya dengan panduan dari berbagai sumber yang bisa dijelaskan.

Oleh karena itu penulis sangat menantikan kritik dan saran yang diberikan oleh para pembaca terhadap pembahasan artikel pada kesimpulan diatas.