Penyebab Haid Tidak Lancar dan Cara Alami Untuk Mengatasinya

Haid atau kata lainnya ‘datang bulan’ adalah siklus periodik yang dialami oleh para wanita setiap bulan. Siklus ini merupakan kondisi dimana tubuh wanita mengeluarkan darah dari rahim saat tidak ada pembuahan terhadap sel telur.

Setiap bulannya wanita mengalami haid sekitar 3 hingga 7 hari. Namun tidak jarang juga dari anda para wanita mengalami haid yang tidak lancar. Hal ini bisa terjadi karena ada beberapa penyebab, tetapi yang perlu diketahui bahwa ada masalah kesehatan yang sedang terjadi yang mana membuat siklus haid anda tidak lancar.

Cara Alami Mengatasi Haid Tidak Lancar

Anda tidak perlu khawatir akan hal ini, karena bisa dilakukan beberapa cara melancarkan haid. Berikut informasi tentang cara-cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah haid tidak lancar.

  1. Mengkonsumsi Makanan Pelancar Haid

Mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang tepat bisa menjadi cara melancarkan haid dengan alami. Untuk itu, anda harus mengkonsumsi beberapa makanan berikut yaitu:

  • Buah-buahan

Beberapa buah-buahan memiliki kandungan yang bisa membuat otot lebih rileks, sehingga baik dikonsumsi untuk memudahkan haid keluar. Salah satu jenis buat tersebut adalah nanas.

  • Sayuran

Sayuran menjadi obat alami yang sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk siklus haid yang tidak lancar. Sebab sayuran mengandung mineral, vitamin, dan juga nutrisi penting lainnya yang bisa melancarkan produksi hormon wanita.

  • Kacang-kacangan

Kandungan asam lemak Omega 3 yang ada dalam kacang-kacangan bisa menjadi makanan yang ampuh untuk masalah haid tidak lancar. Namun sebelumnya anda perlu memastikan kalau tidak alergi terhadap kacang.

  1. Mengkonsumsi Minuman Tradisional

Buatlah beberapa ramuan tradisional untuk diminum agar haid bisa lancar. Seperti menggunakan kunyit, daun pepaya, jahe, air kelapa hijau, dan wortel. Disarankan juga untuk perbanyak minum air putih, karena baik untuk tubuh.

Faktor Haid Tidak Teratur

Penyebab haid tidak teratur bisa disebabkan oleh:

  • Stres
  • Ketidakseimbangan hormon
  • dan Gangguan kelenjar Trioid (yang mengatur metabolisme tubuh)

Itulah informasi yang bisa membantu anda mengetahui masalah tersebut. Untuk mengatasi masalah saat haid, bisa mempercayakannya pada Laurier yang akan membuat anda tetap beraktivitas secara bebas tanpa takut bocor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *