Pengertian Hemokromatosis dan Penyebabnya

Zat besi sangat diperlukan oleh tubuh tapi apa jadinya jika terjadi penyerapanzat besi ayng berlebih didalam tubuh? Tentu ini akan menyebabkan masalah serius pada tubuh. Istilah kondisi ini dalam bahasa medis adalah hemokromatosi. Pengertian hemokromatosis adalah kondiri bawaan yang menyebabkan tubuh menyerap lebih banyak zat besi daripada yang seharusnya.

Penyakit hemokromatosis akan menyebabkan komplikasi seperti timbulnya penyakit ginjal, gagal jantung, dan kerusakan pankreas. Faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengidap penyakit ini adalah di dalam tubuhnya memilki dua gen HFE yang telah mengalami mutasi. Terjadinya mutasi pada gen akan menyebkan seseorang beresiko mengidap penyakit ini. 

Riwayat penyakit yang diderita keluarga juga harus ditelusuri dengan benar. banyak faktor gen yang menyumbang lebih banyak yang menjadi penyebab munculnya hemakromatosis.  

Selain itu jenis kelamin juga menentukan. Pada umumnya penderita penyakit hemokromatik ini adalah pria. Khususnya dalam rentang waktu usia muda. Pada wanita penyakit hemokromatik dapat menyerang tubuh saat telah terjadi masa monopause atau histerektomi.

Penyebab hemekromatik adalah kelanian yang telah didapatkan semenjak lahir. Gejala yang dapat dirasakan pada tubuh adalah berupa nyeri sendi, meras sering lelah dan lemas, mengalami penurunan berat badan, terasa nyeri pada perut, menstruasi tidak lancar atau terhenti pada wanita, dan pada pria tidak bisa mengalami ereksi. 

Apabila penyakit telah diderita dalam waktu yang lama, gejala yang ditiumbulkan pada tubuh menurut halodoc.com adalah sering merasakan haus dan buang air kecil, kulit menjadi lebih gelap dan itu bersifat permanen, mengalami pembengkakan pada perut kaki dan tangan, merasakan nyeri pada dada, pernapasan menjadi lebih pendek, mengidap penyakit diabetes, gagal hati, gagal jantung, penurunan gairah, penyusutan testis hingga aritma denyut jantung tidak beraturan.

Diagnosa yang dilakukan pada tubuh meliputi pemeriksaan darah dengan langkah –langkah :

  • Pemeriksaan serum feritin, pemeriksaan bertujuan untuk mengetahui tingkat keakuratan kadar zat besi dalam hati
  • Pemeriksaan transferrin saturation. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui jumlah kadar zat besi di dalam darah. 
  • Pemeriksaan DNA yang beetujuan untuk mengetahui apakah ada kelainan genetik yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit hemokromatosis ini. 

 Dari pengertian hemokromatik tersebut juga dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan berupa pemeriksaan funsi hati, MRI dan biopsi hati. Untuk pengobatannya dapat melakukan berbagai cara ini menurut alodokter.com yaitu dengan proses mengeluarkan darah atau disebut juga dengan phlebotomi. Peneluaran darah ini berfungsi untuk mengeluarakan kandungan zat besi yang berlebih di dalam tubuh. Prosedur ini harus rutin dilakukan sebanyak 4-6 kali dalam satu tahun.

Terapi cheleating juga dapat dilakukan. Terapi ini bertujuan untuk membuang zat besi yang menumpuk didalam tubuh. Prosedur terapi ini dengan cara melakukan pengobatan dengan cara menyuntikkan obat ke dalam tubuh atau meminum obat secara langsung.

Penyakit hemokromatosis tidak dapat dicegah. Apabila penyebabnya adalah gen akan sulit untuk menghindarinya namun apabila penyakit disebabkan oleh faktor alkohol, daapt dihindari dengan menghentikan konsumsi alkohol tersebut. beberapa penyakit juga dapat menjadi penyebab penyakit hemokromatosis adalah diabetes, penyakit hati, gangguan jantung, dan konsumsi berlebihan pada suplemen yang mengandung za besi vitamin C.

 Memperhatikan ksehatan tubuh sangant penting.dari pengertian penyakit hemoromatosis tersebut Keadaan tubuh yang sehat akan menghasilkan tubuh yang kuat dan terhindar dari segala jenis penyakit. Kita dibri tubuh oleh tuhan untuk dipakai sedemeikian rupa janagn pernah merusak pemberian, rawat lah dengan sepeenuh hati. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *