Penanganan Pertama Ketika Alergi Pernapasan

Pada kesempatan yang berbahagia ini akan dijelaskan tentang reaksi alergi pada pernapasan manusia. Kita ketahui bersama kalau alergi itu merupakan reaksi yang berlebihan yang di terima oleh sistem kekebalan tubuh terhadap pemicu alergi atau alergen. Sebagai orang tua anda perlu tahu kalau pemicu alergi setiap anak ini ternyata berbeda-beda. Ada seorang anak yang mengalami alergi terhadap udara dingin. Ada juga anak yang terlalu sensitif terhadap sebuah makanan seperti susu. 

Setiap anak juga mengalami reaksi alergi yang berbeda-beda. Sebagai orang tua, anda harus paham dan mewaspadai kalau alergi pernapasan yang sering dialami oleh anak-anak. Gejala yang sering terjadi ketika mengalami alergi pernapasan ini muncul seperti hidung tersumbat, pilek, bersin, mata gatal dan sulit untuk bernapas.

Apakah saat ini anak anda sedang mengalami berbagai gejala diatas? Kalau iya, bukan berarti anak anda positif mengalami alergi pernapasan. Untuk mengetahui lebih dalam maka silahkan konsultasikan dengan dokter. Selain konsultasi dengan dokter, anda juga dapat melakukan penanganan alergi pernapasan beikut ini ulasannya:

Penanganan Pertama Dalam Menangani Pernapasan

Sebagai orang tua penanganan pertama yang dapat anda lakukan yaitu memberikan berupa obat khusus untuk mengobati alergi pernapasan sesuai dengan resep dokter. Obat ini bisa berupa tetes mata, semprotan hidung dan bentuk tablet. Obat alergi ini bentuknya bermacam-macam disesuaikan dengan kondisi yang dialami oleh anak. Sebagai orang tua anda harus tahu jenis-jenis obat sebagai berikut :

a.       Antihistamin

Jenis obat ini dapat bekerja dengan memblokir zat histamin yang sudah diproduksi oleh tubuh. Hal inilah yang dapat memicu munculnya alergi pada tubuh. Sebagai orang tua anda bisa memberikan obat antihistamin ini ketika anak mengalai bersin-bersin, gatal pada kulit, dan sulit bernapas.

b.      Kortikosteroid

Obat jenis ini dapat membantu anak anda untuk mengatasi reaksi alergi yang berlebihan dan mencegah munculnya radang. Para dokter biasanya merekomendasikan obat ini untuk mengatasi masalah iritasi selaput lendir yang terjadi pada hidung.

c.       Dekongestan

Dekongestan merupakan salah satu obat yang berfungsi untuk meringankangejala edema atau terjadinya penumpukan cairan yang ada didalam organ tubuh manusia. Kalau ada gejala alergi pernapasan maka biasanya organ yang terkena yaitu paru-paru. Selain itu juga terjadi penyumbatan pada saluran pernapasan. Ketika anak anda kesulitan dalam bernapas yang disebabkan oleh edema maka silahkan berikan obat dekongestan untuk mengatas alergi tersebut.

Setelah anda memberikan penanganan berupa memberikan obat alergi maka anda juga haru terus memantau kondisi anak anda. Hal ini dilakukan demi melihat reaksi obat yang sudah anda berikan. Pastikan anda memberikan penanganan sesuai dengan yang sudah direkomendasikan oleh dokter.

Melakukan Terapi Imun Untuk Penanganan Dalam Jangka Panjang

Kita ketahui bersama kalau pemberian obat ini sebenarnya sifatnya sementara saja. Jadi obat itu hanya membantu untuk meringankan gejala yang terjadi saja. Namun tidak mampu memberikan kesembuhan secara total. Namun dalam kasus yang sering terjadi, alergi yang dialami anak, biasanya akan sembuh seiring dengan tumbuh kembang anak. Namun juga banyak anak yang mengalami alergi bertahan sampai dirinya dewasa.

Menerapkan imunoterapi menjadi salah satu solusi terbaik jangka panjang untuk mengatasi reaksi alergi yang dialami anak. Sistem pengobatan imunoterapi ini dilakukan dengan cara menekan sistem pada imun. Kita ketahui kalau sistem ini ada dua jenisnya yaitu sublingual imunoterapi dan imunoterapi.

Kedua sistem ini cara penerapannya tidak berbeda. Tahap pertama alergen ini biasanya akan diberi dosis kecil. Tahap selanjutnya akan ditingkatkan seiring dengan reaksi. Harapannya sistem imun ini akan meningkat jadi alergi ini dapat sembuh dengan sendirinya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *