Pelatihan SRC Untuk Pelaku Usaha Ritel

Ketut Suarjana yang merupakan salah seorang mitra SRC asal Bali pun menuturkan pengalamannya selama bergabung dengan SRC. Berkat SRC, usaha saya menjadi berkembang dan mandiri. Kini saya sudah bisa menggerakkan komunitas sekitar untuk memajukan wirausaha mereka, berkembang dan maju bersama-sama. Saya berharap kerja sama ini akan terus terjalin dengan baik, dan ke depannya akan lebih banyak peluang yang bisa diraih bersama SRC, ungkap pemuda Bali yang kini memiliki 40 toko kelontong seperti mini market tersebar di Pulau Dewata.

Tentu saja tidak sampai disitu saja, karena memang sejak 2007 Sampoerna juga memberikan pelatihan kewirausahaan kepada sekitar 40.000 orang melalui program Pusat Pelatihan Kewirausahaan Sampoerna (PPK Sampoerna). Sekarang ini, PPK Sampoerna yang terletak di Pasuruan, Jawa Timur, telah menjangkau 79 kota/kabupaten di Indonesia, serta menerapkan 90 riset terapan yang teruji di bidang pertanian terpadu. Ibu Karyani, wirausahawan binaan SRC dan PPK Sampoerna yang merintis usaha minuman herbal dengan merk Kesiman Jaya, mengaku menerima manfaat yang tidak hanya meningkatkan usaha kecilnya namun juga membuka peluang kesempatan. Saya mulai usaha 18 tahun lalu dengan bermodalkan Rp 50 ribu. Modal dana yang tak begitu besar namun karena memiliki keinginan kuat untuk mengolah berbagai hasil bumi yang sangat bermanfaat.

Bisnis atau usaha ini akhirnya semakin berkembang ketika saya bermitra dengan PPK Sampoerna. Saya mendapatkan pelatihan menyeluruh untuk lebih memahami pasar, pentingnya pengemasan produk, hingga penggunaan alat untuk proses produksi yang lebih efisien. Kini, mereka tumbuh menjadi ekosistem UKM yang secara nyata mampu memperkuat ekonomi kerakyatan Indonesia. Tak diragukan lagi, SRC dan PPK Sampoerna tumbuh menjadi ekosistem UKM yang secara nyata mampu memperkuat ekonomi kerakyatan Indonesia. Keduanya mampu menggerakkan roda perekonomian lokal serta memberdayakan masyarakat sekitar. Target selanjutnya adalah Sampoerna ingin menopang lebih banyak lagi pemangku kepentingan agar cakupan manfaat dari program pemberdayaan yang kami inisiasi bisa merata di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *