Dari sejumlah kawasan industri yang ditetapkan pemerintah Indonesia industri Karawang Jawa Barat jadi salah satu yang geliatnya sangat signifikan. Bahkan saat ini menjadi kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Banyak hal yang mempengaruhi kondisi tersebut dan perlu dicontoh oleh daerah lain yang juga ingin berkembang.

5 Alasan Ini Membuat Karawang Semakin Hebat

Alasan gaji, fasilitas, akses mudah, ikon industri Asia Tenggara dan pertumbuhan penduduk membuat perkembangan Karawang tak terbendung. Hal ini juga yang menyebabkan banyak investor semakin tertarik untuk melakukan investing Indonesia di salah satu Kabupaten terbaik Jawa Barat tersebut.

  • Gaji

Dengan semakin berkembangnya Karawang sebagai kawasan industri, dimana hingga saat ini tercatat lebih dari 70 perusahaan bermarkas disana sangat berimbas pada gaji yang ditawarkan kepada tenaga kerja. Bahkan di Jawa Barat saat ini Upah Minimum Regional (UMR) Karawang menjadi yang tertinggi.

  • Fasilitas Lengkap

Untuk menunjang perkembangan daerah, pemerintah setempat bekerjasama dengan investor yang melakukan investing Indonesia di kawasan tersebut membangun berbagai fasilitas pendukung, mulai dari pendidikan, transportasi, hiburan, hingga pusat perbelanjaan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

  • Akses Mudah

Akses yang ada di kawasan industri Karawang memungkinkan semakin banyak orang berkunjung kesana, yang pastinya berimbas pada pertumbuhan ekonomi. Seperti keberadaan jalan tol, kereta api cepat, hingga bandara yang lokasinya sangat dekat dengan kawasan sentra industri.

  • Ikon Asia Tenggara

Ketika dinobatkan sebagai kawasan industri terbesar di Asia Tenggara tentu menjadi magnet tersendiri bagi investor yang mau terlibat investasi di Karawang. Terlihat dari antusias investor China yang jadi salah satu pengembang yang sudah berhasil menjalankan Karawang New Industry City (KNIC) yang sangat luar biasa perkembangannya saat ini.

Dengan melihat banyaknya alasan yang menjadikan industri Karawang semakin berkembang, tentu bisa menjadi tolak ukur bagi daerah lain untuk melakukan hal yang sama. Sehingga ke depannya semakin banyak kawasan industri yang bertumbuh di Indonesia yang pastinya akan berimbas pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.