Proses penyembuhan luka seseorang berbeda-beda bergantung pada kondisi tubuh saat itu. Banyak cara dilakukan untuk menyembuhkan luka, termasuk juga luka pasca-melakukan operasi. Ada beberapa cara yakni menggunakan obat, dan ada juga yang memanfaatkan makanan yang memang secara alami mempunyai manfaat menyembuhkan luka. Di bawah ini adalah beberapa makanan yang mempercepat penyembuhan luka.

  • Jenis Ikan-ikanan

Makanan penyembuh luka pada umumnya memiliki kandungan vitamin C tinggi, protein, karbohidrat dan zat besi. Ikan menjadi salah satu bahan tersebut. Namun dari seluruh jenis ikan, ikan gabus dipercaya menjadi yang paling baik karena mengandung albumin, zat yang terbukti dapat menyembuhkan luka bekas operasi.

  • Daging

Selain kandungan albumin, kandungan protein juga berperan dalam penyembuhan luka operasi. Protein memiliki peran penting dalam proses regenerasi kulit. Salah satu makanan yang kaya protein baik adalah daging.

  • Sea Food

Makanan-makanan laut selain ikan seperti udang dan kepitingg memilikin kandungan zinc yang juga membantu berbagai jenis enzim. Dalam penyembuhan luka, zinc juga berperan dalam pembentukan kolagen.

  • Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat Kompleks atau yang biasa dikenal sebagai whole grains merupakan karbohidrat yang dapat diperoleh dari roti, gandum, oatmeal dan nasi merah. Karbohidrat kompleks ini cocok dikonsumsi pasien pasca-operasi sebagai sumber energi yang baik bagi tubuh. Selain itu, whole grains juga berperan mengatasi sembelit saat proses penyembuhan pasca-operasi.

  • Minyak Zaitun

Selain beberapa makanan di atas, ada pula minyak zaitun yang juga sangat baik dikonsumsi sebagai makanan penyembuh luka. Minyak zaitun mempunyai senyawa lemak yang berfungsi membantu dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Jeruk

Jeruk bisa menjadi obat luka operasi alami karena kandungan vitamin C yang dimilikinya berperan dalam proses penyembuhan luka. Selain vitamin C, jeruk juga memiliki kandungan anti oksidan bagi tubuh. Zat ini memungkinkan pencegahan terhadap berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh.

  • Brokoli

Selain buah jeruk yang memiliki kanduangan vitamin C tinggi, ada pula sayuran yang memiliki fungsi seperti itu. Sayuran tersebut adalah brokoli. Kandungan vitamin C serta flavonoid pada brokoli mampu membantu penyembuhan luka secara lebih cepat.