Mencoba bermain keyboard sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan walaupun kamu seorang pemula atau bahkan baru pertama kali memegang keyboard. Keyboard sendiri merupakan jenis alat musik yang mempunyai bentuk hampir mirip seperti piano. Meskipun bentuknya mirip piano, tapi keyboard dan piano tetaplah berbeda. Keyboard adalah alat musik modern yang mempunyai fitur lebih banyak daripada piano. Sehingga suara yang dimilikinya pun lebih variatif.

Sebetulnya cara bermain keyboard tidak sesulit main piano, akan tetapi bermain keyboard tetaplah membutuhkan latihan khusus. Bagi kamu yang baru saja ingin mencoba bermain keyboard dan ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang keyboard, berikut ada penjelasan tentang tips-tips dasar bermain keyboard yang bisa kamu simak di bawah ini!

  1. Posisi Jari dan Tangan Harus Tepat

 Sumber: pinterest.com 

Tips dasar yang perlu kamu lakukan pertama adalah dengan memposisikan jari dan tangan dengan tepat. Posisi jari dan tangan yang tepat saat bermain keyboard harus berbentuk tangan seperti sedang memegang telur. Ini bermaksud agar kamu mendapatkan kecepatan yang maksimal dalam bermain keyboard. Apalagi kalau lagu yang dimainkan mempunyai tempo cepat. 

  1. Mengetahui Jenis Chord

Sumber: pinterest.com

Chord nada pada keyboard memiliki beberapa nada yang ditekan dengan cara bersamaan. Para pemain keyboard wajib mengetahui tentang kombinasi-kombinasi nada yang ada setiap chord nada ini. Nah, chord dasar yang harus diketahui terdiri dari chord minor dan chord mayor seperti C,D, G, A, F, Am, Dm, Em dan lain sebagainya. Kalau sudah mempelajari chord dasar, kamu juga perlu mengetahui chord diminished, augmented, minor 7, mayor 7 dan lain sebagainya.

  1. Jari-Jari Tangan Harus Lentur

Sumber: pinterest.com

Biasanya para pemain keyboard pemula akan mengalami kesulitan saat memindahkan jari dan menekan ketika pertama kali mencoba memainkan keyboard. Maka dari itu, dibutuhkan yang namanya latihan khusus agar bisa melenturkan jari dengan benar untuk memindahkan jari ke satu chord dan chord lainnya

  1. Ketika Membunyikan Chord, Jari Harus Tepat

Sumber: pinterest.com

Kamu juga harus mengetahui tentang cara meletakkan jari di atas tuts yang tepat. Hal ini harus dilakukan supaya bisa membunyikan chord dengan benar. Kamu perlu tahu tentang nada-nada yang ada di setiap tuts keyboard. Chord dasar sendiri memiliki kombinasi tiga nada sehingga membutuhkan 3 jari agar bisa membunyikannya. Selain itu, pada tingkat lanjut chord mayor 7 di butuhkan 4 jari untuk membunyikannya.

  1. Mempelajari Jenis Suara & Menentukan Jenis Musik

Sumber: pinterest.com

Setiap pemain keyboard wajib mengetahui tentang fitur yang terdapat pada keyboard sehingga bisa menghasilkan suara dan musik yang sesuai dengan yang diinginkan. Kamu bisa mulai mempelajari fitur-fitur tersebut dengan buku panduannya. Lalu, tentukan lagu yang mudah dipelajari. Dengarkan lagunya dan coba ketahui jenis musiknya. Setelah itu cari jenis musik yang mirip dengan lagu tersebut pada keyboard-nya.

  1. Mulai dengan Bermain Tempo Lambat

Sumber: pinterest.com

Ketika kamu pertama kali ingin belajar bermain keyboard ada baiknya kamu mencoba tempo lambat terlebih dahulu. Karena bermain lambat akan lebih stabil kalau dibandingkan dengan bermain cepat tapi berantakan. Untuk mendapatkan kecepatan dalam bermain keyboard, bisa kamu dapatkan jika kamu sudah bisa bermain dengan seimbang dan juga stabil.

  1. Latihan Rutin


Sumber: pinterest.com

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah dengan berlatih secara rutin. Kamu bisa berlatih setidaknya 30 menit setiap harinya. Meskipun sebentar tapi hal ini akan lebih baik kalau dibandingkan dengan berlatih hingga berjam-jam namun hanya 1 minggu sekali. Dengan kamu berlatih setiap hari, maka bisa membuat jari-jari kamu semakin kuat dan lentur.

Nah, itulah tips-tips dasar bermain keyboard yang bisa kamu pelajari. Bagi para pemula, selain berlatih yang benar kamu juga perlu memilih keyboard yang tepat. Sehingga kamu pun bisa belajar dengan fokus. Salah satu pilihan keyboard terbaik untuk pemula yang bisa kamu pertimbangkan adalah Keyboard Yamaha series PSR-E353 atau Yamaha Keyboard PSR-E453. Harga keyboard ini kisaran 2 – 5 jutaan. Keyboard ini sangat memadai untuk para pemula dan pelajar yang ingin bermain keyboard.