Cara Mempercepat Pembukaan dengan Gerakan Ringan

Ketika Anda sudah siap dengan prosesi kelahiran yang sebentar lagi terjadi, ternyata dokter menyatakan bahwa pembukaan Anda belum sempurna. Jadi yang bisa Anda lakukan adalah menunggu dan melakukan gerakan ringan sebagai cara mempercepat pembukaan. Namun tidak hanya gerakan ringan saja, beberapa hal berikut bisa Anda lakukan dengan mudah.

Jalan-jalan

Berjalan kaki mengelilingi taman merupakan satu kegiatan yang sering dianjurkan oleh perawat menjelang prosesi persalinan. Hal tersebut berguna agar daya tarik gravitasi bisa membuat kepala sang bayi semakin turun sehingga menekan area di sekitar serviks dan menstimulasinya untuk segera terbuka.

Squats

Apabila hanya dengan berjalan kaki saja tidak menimbulkan efek berarti, Anda bisa mencoba gerakan lain seperti squat. Gerakan squat ini bisa membantu membuka panggul dan menekan kepala bayi untuk bergerak ke bawah dan mempercepat pembukaan.

Caranya Anda cukup jongkok dan berdiri dalam posisi tegak dengan punggung lurus dan dilakukan gerakan perlahan agar tidak menyakiti Anda ataupun si kecil. Lakukan gerakan ini secara berulang hingga Anda merasakan sensasi terbakar di area sekitar perut.

Ball Birth

Anda pun bisa memanfaatkan media seperti bola kelahiran ini sebagai salah satu Cara mempercepat pembukaan. Anda cukup duduk di atas bola dan memutar tubuh ke kanan dank e kiri dengan teratur, gerakan ringan ini mampu memberikan tekanan pada serviks.

Di samping itu, penggunaan bola ini juga bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa pegal di punggung ketika kontraksi hadir. Penggunaannya juga berguna untuk menyiapkan otot tubuh sebelum menghadapi persalinan sehingga membuat Anda lebih rileks dan tenang dalam menghadapinya.

Memijat Payudara

Memberi rangsangan di area sekitar payudara, terutama pada puting juga bermanfaat untuk merangsang pembukaan leher rahim. Ketika rangsangan dirasakan oleh tubuh, ia akan mengeluarkan zat oksitosin ke dalam aliran darah. Zat inilah yang kemudian dialirkan rahim untuk membuatnya terbuka.

Gerakan yang diperlukan cukup dengan memijit ringan atau menggunakan media air hangat. Air hangat ini bisa Anda teteskan agar puting lebih cepat terangsang. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan pompa payudara dalam melakukannya. Namun hasil yang diberikan akan sedikit berbeda dengan memberikan rangsangan secara langsung.

Tindakan Akupuntur

Ternyata akupuntur juga bisa digunakan untuk mempercepat pembukaan. Titik yang bisa Anda pijat untuk membantu hal tersebut terdapat diantara sela ibu jari dan telunjuk. Anda bisa menekannya satu atau dua menit lalu kemudian beristirahat sejenak untuk kembali melakukan gerakan serupa.

Walaupun Anda hanya melakukan gerakan ringan sebagai cara mempercepat pembukaan yang tidak menguras banyak tenaga, namun hal tersebut haruslah ditemani oleh orang terdekat. Sebelum bayi Anda lahir, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana cara menangani bayi dengan baik dan benar  dengan membaca artikel parenting yang bisa Anda dapatkan di orami.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *