Kegiatan belajar mengajar antara murid dan guru tidak akan terganggu meski hanya belajar di rumah. Guru dan murid bisa manfaatkan beberapa aplikasi berikut ini agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan lancar :

  1. Google: Google Suite for Education

Google Suite for Education menyediakan fitur-fitur untuk membantu siswa dan guru melakukan aktivitas belajar-mengajar di mana pun dan kapan pun, baik secara online maupun offline. Salah satu fitur yang dimaksud misalnya Classroom. Guru bisa membuat “kelas” yang diikuti oleh siswa-siswanya. Dalam “kelas” tersebut, guru bisa melakukan percakapan tertulis, memberikan tugas, memberikan penilaian, bahkan streaming video. “Google Suite for Education gratis dan akan tetap gratis untuk sekolah,” demikian tertulis dalam situsnya.

  1. Microsoft: Office 365 for Education

Office 365 Education mencakup fitur Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Microsoft Teams, plus alat ruang kelas lainnya. Dengan layanan ini, guru dan murid bisa menciptakan ruang kelas yang terus terkoneksi secara online. Layanan ini bisa diperoleh secara gratis hanya dengan memasukkan alamat email sekolah yang sah dalam laman Microsoft Indonesia yang membahas tentang produk Office 365 Education.

  1. Quipper

School Quipper School adalah platform sekolah digital tanpa biaya. Melalui platform ini, guru dapat mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa secara online. Sedangkan siswa dapat mengerjakan pekerjaan rumah, tugas, dan ujian juga secara online dengan mudah. Quicker School menggunakan teknologi manajemen kelas digital (Learning Management System/LMS). “Pemanfaatan edtech dengan LMS dapat menjadi solusi untuk memaksimalkan kegiatan belajar-mengajar bagi para guru dan siswa sebagai antisipasi yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait penyebaran Covid-19,” ujar Business Development Manager Quipper Indonesia Ruth Ayu Hapsari dalam siaran persnya.

  1. Sekolahmu

Sekolahmu menyediakan beragam materi ajar yang bisa diakses melalui aplikasi maupun situs resminya. Materi pelajaran yang disediakan telah disusun dengan melibatkan sejumlah instansi pendidikan, seperti Sekolah Lazuardi, Cikal, dan Yayasan Diponegoro. Saat ini, Sekolahmu tengah membuka semua materi pelajarannya secara gratis seiring kebijakan pemerintah untuk belajar dari rumah di tengah wabah corona. Dalam situs Sekolahmu juga terdapat sesi sekolah online gratis dengan format live streaming melalui Youtube, dipandu guru dari berbagai sekolah.

  1. Kelas Pintar

Kelas Pintar memberikan akses gratis selama sebulan untuk guru dan siswa di seluruh Indonesia. Kelas pintar menyediakan beragam materi ajar untuk para siswa. Terdapat juga fitur-fitur lainnya, seperti fitur assesment yang memungkinkan guru untuk berinteraksi dengan murid secara online. Kemudian, fitur Tanya yang bisa digunakan siswa untuk bertanya kepada guru secara online mengenai materi ajar atau soal. “Kami menambahkan jam operasional fitur Tanya menjadi dua sesi pada pukul 09.00-12.00 dan 18.00-21.00 untuk memaksimalkan proses pembelajaran tetap berlanjut, kapan dan dari manapun,” kata Founder Kelas Pintar Fernando Uffie melalui keterangan persnya.

Menarik ya aplikasinya, yuk ajak anak belajar dengan suasana baru dengan aplikasi belajar online. Jangan lupa ya selalu aktifkan paket intenet bulanan dari smartfren wow biar belajarnya lancar tidak terganggu karena koneksi internet yang terputus.