3 Tips Mengatur Waktu Agar Kerjamu Lebih Produktif

 

Setiap orang memiliki waktu yang sama dalam sehari yaitu 24 jam , namun ada orang yang bisa lebih bisa memanfaatkan waktu sehingga dia lebih produktif  juga ada yang sebaliknya. Mereka yang lebih produktif biasanya dapat mengatur waktu dan me-menage waktu lebih baik. Lalu apa yang bsa membedakan mereka dalam mengatur waktu? Apakah dalam membuat skala prioritas atau dengan membuat jadwal waktu? Nah buat kalian yang ingin mengatur lebih baik lagi kalian bisa coba 3 tips ini untuk memulainya

1.    Buat To-Do List

Membuat perencanaan dalam list untuk pekerjaan yang akan kamu lakukan esok hari akan membantu kamu bekerja lebih efektif, hal ini bisa membantu kamu agar esoknya kamu tidak kebingungan lagi dalam melakukan hal-hal yang kamu lakukan esok harinya. Jadinya, waktu kamu akan bisa memanfaatkan waktu secara maksimal esok hari. Kamu bisa susun daftar to-do-list ini pada malam sebelum bekerja.

Bikin juga daftar keinginan untuk satu dan beberapa bulan kedepan. Bahkan kalau memang perlu, kamu bisa membuat list keinginan kamu dalam satu tahun. kamu bisa mencatat dalam kalender kecil kamu kapan kamu akan mewujudkannya. Kamu bisa gunakan aplikasi reminder di smathphone untuk membantu kamu mengingatkan apa yang kamu lakukan dalam waktu dekat.

2. Buat Skala Prioritas

Setelah daftar list kamu selesai, mulailah menyusun prioritas dari kerjaan kamu mana yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. mulai tentukan mana yang mendapat prioritas utama dan mana yang bisa dikesampingkan lebih dulu. Lihat dengan seksama kegiatan hari itu dan tandai mana yang harus dilakukan lebih awal.

Ketika anda akan menentukan mana yang akan jadi prioritas kamu, kamu harus segera melakukannya. Jangan pernah meunda pekerjaan. Jika kamu semakin menunda pekerjaan kamu maka kerjaanmu akan semakin tertunda dan memakan waktu lebih banyak untuk selesei yang sebenarnya bisa kamu usahakan. Juga bagaimana nantinya pekerjaan kamu yang merupakan nonprioritas, pastinya akan terbengkalai juga kan ya.

Jika kamu  sudah menandai sebuah pekerjaan sebagai prioritas, maka tidak boleh ada hal lain yang bisa membuat pekerjaan tersebut menjadi tertunda. Abaikan semua gangguan yang datang sampai pekerjaan prioritas tersebut selesai secara tuntas.

3.    Tentukan Tenggat Waktu

Buatlah tenggang waktu dan target waktu kamu dalam melakukan pekerjaan kamu. Buat daftar target kapan itu harus dikerjakan dan kapan pekerjaan itu harus terselesaikan.

Hal ini untuk memastikan bahwa kamu  bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat pada waktunya dan melatih diri kamu  untuk lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang diemban.

Atur juga jeda waktu kapan kamu istirahat sebelum akan memulai pekerjaan berikutnya, hal ini bisa memberikan kamu untuk mengevaluasi apakah pekerjaan tersebut sudah sesuai dengan arahan dan tujuan atau harus direvisi.

Dengan demikian, pekerjaanmu pastinya akan lebih punya kualitas dan semakin meningktakan standar kamu untuk menjadi lebih baik dalam bekerja, mengabaikan tenggat waktu hanya akan membuat kerja kamu jauh dari efektif dan tidak akan produktif.

Nah ini nih, tips yang bisa kamu lakukan untuk mulai memanage waktu agar kamu bisa lebih produktif, silakan mencoba dan semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *