3 Makanan Ini Akan Mempercepat Penyembuhan Luka Pasca Operasi

Proses penyembuhan pasca operasi memerlukan waktu cukup lama, hampir 6 minggu lamanya, luka pasca operasi bisa kembali pulih. Meskipun demikian, tidak semua luka pasca operasi bisa sembuh dalam jangka waktu yang lama, semuanya tergantung pada cara perawatan lukanya dan beberapa makanan yang dikonsumsinya. Selain itu, manfaat multivitamin setelah operasi perlu juga diperhatikan, usahakan konsumsi multivitamin sesuai anjuran dokter.

Untuk mengetahui beberapa makanan yang baik dikonsumsi pasca operasi, simak penjelasanya berikut ini:

  1. Makanan mengandung Vitamin A

Vitamin A sendiri memiliki kandungan antioksidan yang fungsinya sebagai penyembuhan luka. Selain itu, Vitamin A juga penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mendukung perkembangan tulang. Jadi, jika Anda ingin penyembuhan luka pasca operasi cepat pulih, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung Vitamin A tinggi, seperti yang terdapat pada wortel, kentang, melon, batam, labu, dan ikan tuna.

  1. Makanan mengandung Vitamin C

Vitamin C lebih populer sebagai obat alami untuk sariawan. Padahal tidak hanya itu, Vitamin C juga mampu membantu regenerasi jaringan sel di dalam tubuh dan mempercepat penyembuhan luka pasca operasi. Anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung Vitamin C, seperti jeruk, brokoli, kubis, lemon, tomat, stroberi, paprika, bayam, dan lain-lain. Makanlah secara rutin selama masa penyembuhan luka pasca operasi.

  1. Makanan mengandung Protein

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa protein itu sendiri memiliki kemampuan untuk meregenerasi sel-sel jaringan di dalam tubuh yang rusak akibat operasi. Masa pemulihan pasca operasi, dokter juga selalu menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi agar luka bekas operasi bisa sembuh lebih cepat. Beberapa makanan tinggi protein tersebut adalah ayam, daging sapi, keju, kacang-kacangan, susu, yoghurt, dan keju.

Selain ketiga nutrisi di atas yang baik dikonsumsi dalam masa penyembuhan pasca operasi, Anda juga perlu dukungan dari aktivitas fisik dengan berolahraga ringan. Tidak perlu memaksakan diri, terlebih akan membuat luka Anda terbuka kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *